27 April 2023

Makhraj dan Sifat Huruf Ta, Dal, dan Tho

Setelah membahas segmen makhraj sifat berdasarkan topiknya, kali ini segmen makhraj sifat berfokus pada hurufnya. Yaitu akan dijelaskan di mana letak makhraj suatu huruf serta akan dipaparkan apa saja sifat-sifat yang dimiliki oleh huruf tersebut.


Artikel ini akan membahas tiga huruf yaitu huruf Ta (ت), huruf Dal, (د) dan huruf Tho (ط). Dipilihnya ketiga huruf tersebut karena keduanya sama-sama memiliki tempat keluar yang sama, tetapi sifatnya berbeda. Penjelasannya sebagai berikut ini :

Makhraj dan Sifat Huruf Ta (ت)

1. Makhraj Huruf Ta (ت)

Huruf Ta secara umum merupakan huruf yang keluar dari lidah (al-Lisan). Sedangkan secara khusus, makhraj huruf Ta terletak pada ujung lidah yang menempel ke gusi gigi seri atas. Makhraj huruf Ta ini serupa dengan huruf Dal dan huruf Tho.

2. Sifat Huruf Ta (ت)

Huruf Ta memiliki 5 (lima) sifat yaitu Hams, Syiddah, Istifal, Infitah, dan Ishmat. Mempunyai sifat hams berarti saat mengucapkannya harus mengalirkan hembusan angin. Di sisi lain, huruf Ta juga memiliki sifat Syiddah yang berarti aliran suaranya ditahan saat dibunyikan.

Berkumpulnya sifat Hams dan Syiddah menjadikan pengucapan huruf Ta saat sukun berbeda dengan huruf yang lainnya. Selain itu, saat mengucapkan huruf Ta dibaca dengan tipis karena ia memiliki sifat Istifal dan Infitah.

Untuk melatih pengucapan huruf Jim, silakan membaca QS Ali Imran ayat 13 di bawah ini :

قَدْ كَانَ لَكُمْ ءَايَةٌ فِى فِئَتَيْنِ ٱلْتَقَتَا ۖ فِئَةٌ تُقَٰتِلُ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ وَأُخْرَىٰ كَافِرَةٌ يَرَوْنَهُم مِّثْلَيْهِمْ رَأْىَ ٱلْعَيْنِ ۚ وَٱللَّهُ يُؤَيِّدُ بِنَصْرِهِۦ مَن يَشَآءُ ۗ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَعِبْرَةً لِّأُو۟لِى ٱلْأَبْصَٰرِ

Makhraj dan Sifat Huruf Dal (د)

1. Makhraj Huruf Dal (د)

Huruf Dal secara umum merupakan huruf yang keluar dari lidah (al-Lisan). Sedangkan secara khusus, makhraj huruf Dal terletak pada ujung lidah yang menempel ke gusi gigi seri atas. Makhraj huruf Dal ini serupa dengan huruf Tha dan huruf Tho.

2. Sifat Huruf Dal (د)

Huruf Dal memiliki 6 (enam) sifat yaitu Jahr, Syiddah, Istifal, Infitah, Ishmat, dan Qalqalah. Karena memiliki sifat Jahr, maka huruf Dal tidak boleh diucapkan dengan mengeluarkan hembusan angin atau biasa disebut dengan Hams.

Selain itu, huruf Dal dibaca memantul terutama saat sukun karena mempunyai sifat Qalqalah. Pengucapan Qalqalah dilakukan seusai menerapkan sifat Syiddah. Adapun suara pantulannya dibaca tipis karena huruf Dal memiliki sifat Istifal dan Infitah.

Untuk melatih pengucapan huruf Jim, silakan membaca QS Al-Baqarah ayat 217 di bawah ini :

يَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلشَّهْرِ ٱلْحَرَامِ قِتَالٍ فِيهِ ۖ قُلْ قِتَالٌ فِيهِ كَبِيرٌ ۖ وَصَدٌّ عَن سَبِيلِ ٱللَّهِ وَكُفْرٌۢ بِهِۦ وَٱلْمَسْجِدِ ٱلْحَرَامِ وَإِخْرَاجُ أَهْلِهِۦ مِنْهُ أَكْبَرُ عِندَ ٱللَّهِ ۚ وَٱلْفِتْنَةُ أَكْبَرُ مِنَ ٱلْقَتْلِ ۗ وَلَا يَزَالُونَ يُقَٰتِلُونَكُمْ حَتَّىٰ يَرُدُّوكُمْ عَن دِينِكُمْ إِنِ ٱسْتَطَٰعُوا۟ ۚ وَمَن يَرْتَدِدْ مِنكُمْ عَن دِينِهِۦ فَيَمُتْ وَهُوَ كَافِرٌ فَأُو۟لَٰٓئِكَ حَبِطَتْ أَعْمَٰلُهُمْ فِى ٱلدُّنْيَا وَٱلْءَاخِرَةِ ۖ وَأُو۟لَٰٓئِكَ أَصْحَٰبُ ٱلنَّارِ ۖ هُمْ فِيهَا خَٰلِدُونَ

Makhraj dan Sifat Huruf Tho (ط)

1. Makhraj Tho (ط)

Huruf Tho secara umum merupakan huruf yang keluar dari lidah (al-Lisan). Sedangkan secara khusus, makhraj huruf Tho terletak pada ujung lidah yang menempel ke gusi gigi seri atas. Makhraj huruf Tho ini serupa dengan huruf Dal dan huruf Ta.

2. Sifat Tho (ط)

Huruf Tho memiliki 6 (enam) sifat yaitu Jahr, Syiddah, Isti'la, Ithbaq, Ishmat, dan Qalqalah. Sama dengan huruf Dal, mengucapkan huruf Tho tanpa mengalirkan hembusan angin karena ia memiliki sifat Jahr, bukan Hams.

Selain itu, huruf Tho juga dibaca memantul karena memiliki sifat Qalqalah. Yang berbeda dengan Dal, huruf Tho dibaca tebal karena memiliki sifat Isti'la. Ditambah sifat Ithbaq yang membuat huruf Tha menjadi sangat tebal dalam kondisi apa pun.

Untuk melatih pengucapan huruf Jim, silakan membaca QS Al-Baqarah ayat 184 di bawah ini :

أَيَّامًا مَّعْدُودَٰتٍ ۚ فَمَن كَانَ مِنكُم مَّرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۚ وَعَلَى ٱلَّذِينَ يُطِيقُونَهُۥ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ۖ فَمَن تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهُۥ ۚ وَأَن تَصُومُوا۟ خَيْرٌ لَّكُمْ ۖ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

Wallahu a'lam...

Comments

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon